SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Peletakan Batu Pertama Pondok Qur’an Al Barakah Pemangkat 19 November 2021
  • 2 tahun yang lalu / SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: AHU-0023237.AH.01.04. TAHUN 2021. Akta Yayasan Nomor  88/22.09.2021
WAKTU :

SANTRI

Terbit 5 Maret 2022 | Oleh : Santri | Kategori : Berbagi / Silaturahmi
SANTRI

Seorang “Santri” adalah mereka yang melekat dengan 4 DNA utama..

1. Ta’at, adalah sami’na wa atha’na (saya mendengar dan siap ta’at). Mau mendengarkan berarti mau merendahkan ego dan mau belajar. Setelahnya mau untuk berjalan sesuai arahan yg diberikan, tidak “mandai-mandai”..

2. Teladan, ciri utama dari teladan adalah Berbuat”. Berbuat tanpa keluh kesah dan terus bekerja tanpa memandang penilaian manusia. Semua yang ia kerjakan kelak akan menginspirasi banyak pihak dan menjadi magnet dari sebuah pergerakan. Inilah teladan – Netes.

3. Peduli, sifat ini berasal dari satu sifat utama yaitu cinta. Ketika seseorang ditumbuhi rasa cinta maka ia akan peduli pada orang yang ia cintai. Begitupun santri dan kyai ketika sudah diikat oleh rasa cinta, maka kepedulian itu akan tampak. Tidak hanya dari kasih sayang namun juga kasih barang, kasih makan, bahkan kasih uang..4. Kemandirian, artinya tidak cengeng, tidak minder dan tidak penakut. Karena seorang santri yang sholeh bekerja bukan untuk manusia tapi untuk mengejar ridhonya Allah..Barakallah.

Pontianak 3 Maret 2022 Muhammad Adia Nugraha Marbot masjid kapal munzalan Indonesia

SebelumnyaUpdate Surau Hawnan Albarakah SesudahnyaMERENDAHLAH

Berita Lainnya

0 Komentar