SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / Peletakan Batu Pertama Pondok Qur’an Al Barakah Pemangkat 19 November 2021
  • 1 tahun yang lalu / SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: AHU-0023237.AH.01.04. TAHUN 2021. Akta Yayasan Nomor  88/22.09.2021
WAKTU :

PROGRAM CINSAN DILUNCURKAN

Terbit 16 Agustus 2022 | Oleh : Yayasan Al Barakah | Kategori : Berbagi / Fundraising / Pondok Qur'an
PROGRAM CINSAN DILUNCURKAN

Pemangkat Post. Pondok Qur’an Albarakah mengadakan silaturahmi dengan orang tua santri, sekaligus meluncurkan program CINSAN yaitu celengan Cinta Santri Hawnan.

Acara ini dibuka dengan melantunkan ayat suci Alqur’an oleh Rifo Ridillah yang juga sebagai Ketua Yayasan Albarakah. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Pembina Pondok Qur’an Albarakah. Dalam kata sambutannya disampaikan bahwa Pondok qur’an Albarakah ini memiliki empat pilar dakwah masajidallah.

Empat pilah dakwah itu meliputi Baitullah yang sudah diwujudkan Surau Hawnan, Baitulqur’an diwujudkan TPQ Hawnan Albarakah. Lanjut Baitulmaal Hawnan yang melayani ZISWAF umat ( zakat, infaq, sedekah dan wakaf ), dan Baitulmuamalah yang pernah mengelola Pizza Apaya selama 4 bulan. Namun pizza Apaya telah tutup. Pengurus Baitulmuamalah masih menjajaki satu bidang tanah wakaf untuk mengelola tanaman tebu dan pisang. Semua dilakukan untuk mendapat ridho Allah dan ingin mengambil Langkah kemandirian.

Selain itu juga pembina Pondok Qur’an Albarakah mengajak kepada orang tua santri untuk sama-sama mengajarkan anaknya dan mengarahkan anaknya untuk Kembali ke Masjid dan Alqur’an. Dan mengajak orang tua santri mendukung program CINSAN yang akan digunakan untuk kegiatan TPQ Hawnan.

Pembina pondok juga menyampaikan ikhtiar dalam berdakwah untuk berkolaborasi dengan Ustadz Hatoli mengkampayekan satu program yaitu BERIQAN, berkah negeriku dengan Alqur’an. Ihktiar ini dilakukan supaya bangunan pondok qur’an akan mulai berdiri. Walaupun prinsip utama adalah membangun manusianya dengan tetap menjalankan pondok qur’an dengan fasilitas seadanya.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari penasehat Pondok qur’an ALbarakah, Ustadz H. Gustian SPd I. Ia mengatakan optimisme akan kemajuan pondok qur’an dan sangat senang adanya kemajuan berarti dalam mendidik anak-anak membaca Alqur’an. Dari sini ia meyakini akan tumbuh benih-benih penghafal Alqur’an menjadi tahfizul qur’an.

Peran orang tua sangat penting dalam membangun karakter anaknya dari perilaku keseharian. Setiap hari ajak anak membaca Alqur’an di waktu bada Maghrib ke waktu Isya. Simpan dulu handphone, tunda dulu kegiatan lainnya untuk focus membaca Alqur’an. Membaca qur’an itu sekeluarga supaya anak-anak mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.

Penasehat pondok juga memperkenalkan CINSAN, Celengan ini diberikan kepada orang tua santri sebagai jembatan amal sholeh. Celengan ini sebagai wasilah tabungan akhirat kita yang bisa juga diniatkan atas nama orang tua. Mulailah menjadikan diri sebagai mental pemberi, bukan lagi penerima. Karena kita pasti ingin masuk surganya Allah tanpa hisab dan bimbinglah anak kita untuk bisa membaca Alquran. Ajari dia untuk sholat di masjid. Dengan amalan itu dapat memudahkan kita menuju surganya Allah. Harta yang sesungguhnya adalah harta yang diinfaqkan di jalan Allah. Menolong agama Allah, walau sesungguhnya Allah tak butuh kita. Tapi kitalah yang butuh Allah.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cindramata Songkok Pondok Qur’an kepada penasehat Pondok. Kemudian penyerahan celengan CINSAN secara simbolis kepada dua orang tua santri.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustadz Dian Tamala yang juga sebagai pengasuh Pondok qur’an Albarakah. Semoga Allah Taala meridhoi jalan dakwah kita sehingga tercipta generasi qurani, generasi yang cinta Alqur’an sebagai pedoman hidup. Semoga kita memiliki anak yang soleh dan soleha. Amin..

SebelumnyaPROGRAM BERIQAN - DARI UMAT UNTUK UMAT SesudahnyaSONGKOK SULTHON

Berita Lainnya

0 Komentar