SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Peletakan Batu Pertama Pondok Qur’an Al Barakah Pemangkat 19 November 2021
  • 2 tahun yang lalu / SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: AHU-0023237.AH.01.04. TAHUN 2021. Akta Yayasan Nomor  88/22.09.2021
WAKTU :

Alhamdulillah, Batu Pertama Pondok Quran Telah Diletakkan

Terbit 20 November 2021 | Oleh : Santri | Kategori : Pembangunan
Alhamdulillah, Batu Pertama Pondok Quran Telah Diletakkan

PEMANGKAT, 19 NOVEMBER 2021 / 13 RABIUL AKHIR 1443 H.

رَبِّ أَنْزِلْنِى مُنْزَلاً مُبَارَكاً وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ
Robby Anzilni Munzalan Mubarokan Wa anta Khoirul Munziliin
Artinya : Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat (Q.S Al-Mukminun : 29)

Bismillah. Alhamdulillah wa syukurillah. Usai sudah peletakan batu pertama Pondok Qur’an Al Barakah Pemangkat. Banyak cerita dibalik kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Menjelang subuh Kota Pemangkat diguyur hujan begitu lebat. Hingga pagi hujan reda, dan mendung. Hati ini sedikit was-was. Ba’da Subuh hati mulai tenang. Ada ikhlas di sanubari. Ada pula keyakinan, jika acara ini diberkahi Allah akan tunjukkan. Allahu Akbar.
Persiapan final terus dilakukan. Hingga akhirnya waktu yang telah ditentukan Ba’da Ashar tiba. Alhamdulillah jamaah telah menuju tempat acara. Kami dengan tokoh agama menunggu kedatangan Tamu Agung kami, Tok Ya KH Muhammad Nur Hasan dan rombongan.

Moment dinanti telah tiba. Tok Ya dan Habib Junaid Al Bukhari tiba tepat di jalan depan rumah. Alunan Tahar menyambut kedatangan beliau. Keharuan dimulai betapa sesama muslim Indonesia dan Pakistan bersalaman, dan merangkul dengan penuh kehangatan. Ada semangat solidaritas. Ada benih persaudaraan hadir.

Kamipun langsung membawa Tok Ya dan Habib Junaid Al Bukhari beserta tiga sahabatnya menuju tempat acara peletakan batu pertama Pondok Qur’an Al Barakah. Di situ sudah disambut dengan Takbir. Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar. Sejuk sekali seperti langit yang telah dimendungkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Acara dimulai. Pembawa acara oleh sahabat kami Hairul Sani. Acara dimulai dengan Basmallah. Dilanjutkan dengan dilantunkan ayat suci Alquran oleh Ananda Rifo Ridillah dengan bacaan surah As-Saff 1-4 artinya Satu Barisan. Ayat ini dimaknai mengajak orang beriman untuk bertasbih kepada Allah untuk berbuat sesuatu kebaikan di muka bumi ini serta merapatkan barisan membentuk bangunan yang kokoh.
Lalu, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Yayasan, Rudy Hartono.

Ketua Yayasan menyampaikan terima kasih atas kedatangan tamu terhormat Tok Ya KH Muhammad Nur Hasan dari Pondok Masjid Kapal Munzalan Pontianak, Habib Junaid Al Bukhari, Syech Sajad Hussain, dan rombongan dari Pondok Tahfiz Darul Ulum Jam’ah Rahmaniah Pakistan. Tamu undangan dari unsur pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan orang masjid. Serta para jamaah yang telah hadir. Ketua yayasan juga menyampaikan bahwa Pondok Quran ini ada masjid didalamnya merupakan milik ummat. Kami hanyalah melayani dengan memberikan program terbaik. InshaAllah membangun Baitul Quran, Baitullah, Baitulmaal dan Baitul Muamalah. Semua itu adalah untuk ummat. 3 hal yang mendasari pembangunan Baitul Quran ini adalah Atas izin Allah, keresahan melihat anak yatim dan anak yang lebih senang smartphone dibanding Alquran, dan kemaslahatan ummat dengan membantu warga sekitar, anak yatim dan fakir miskin di sekitar Pondok. Ketua Yayasan juga mengajak warga untuk menyalurkan ZISWAF ( Zakat infaq sedekah dan wakaf ) di Baitul Qur’an demi keberlangsungan program memuliakan anak yatim dan penghafal Alquran. Karena di Pondok ini pembelanjaran adalah Gratis. Tak lupa Ketua Yayasan mengucapkan terima kasih kepada para gurunda KH Luqmanulhakim Ashabul Yamin , Tok Ya, Ustadz Bungben Beni Sulastiyo yang membimbing hingga tercetus Baitul Qur’an ini.

Acara selanjutnya sambutan dari Sekcam mewakili Camat Pemangkat, Bapak Hajidi. Pemerintah Kabupaten Sambas memiliki program Sambas Berkemajuan. Semangat kehidupan beragama melalui Pondok Quran adalah pembinaan strategis mencintai Alquran, membaca dan mengamalkannya. Kita berharap masyarakat juga berdampak dengan adanya Pondok ini. Pemerintah mendukung dan akan bersinergi dengan Pondok Qur’an dalam memuliakan anak yatim dan memberi perhatian kepada penghafal Alquran.

Lalu, sambutan Tok Ya KH Muhammad Nuh Hasan membuka dengan membaca Surah Nabi Nuh sebagai rohnya Masjid Kapal Munzalan. Dengan satu ayat saja qadarullah, Masjid Kapal Munzalan sudah memberi kebermanfaatan banyak orang. Tidak ada yang sulit bagi Allah. Masjid Kapal Munzalan yang hanya berukuran 11 x 17 meter hanya mampu menampung 200 orang tetapi punya PNS (Pegawai Nabi Shollullahu’alaiwasalam) sebanyak 500 orang. Tiga amalan ayat ASI. Kalau anak bayi diberi ASI = Air Susu Ibu, setelah dua tahun diberi ASI = Alquran Sholat Infaq. Kalau mau sukses mantap, kata Tok Ya amalkan ini.

Surah Fatir (35) Ayat 29
• اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ

  1. Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi

Induk amalan (Ibu) : Hajar Aswad. Rukun iman yang kelihatan Qur’an. Ibu harus punya pasangan yaitu Bapak : Sholat. Kalau sudah ada bapak dan ibu harus ada anaknya yaitu Baitullah. Amalan Hijr Ismail adalah berkorban. Itulah Baitulmaal. Ada Baitulmaal baru sukses. Baitul Quran – Baitullah – Baitulmaal. Wakafnya produktif Masjidnya multifungsi.

Tok Ya terus memberi semangat kepada Pondok Qur’an Al Barakah untuk melayani ummat dan mendoakan semoga Pondok ini sukses. Amin.

Acara dilanjutkan dengan Wakaf Qur’an Braille sebanyak 5 Mushaf yang diserahkan Ketua Yayasan ditemani Camat Pemangkat, Tokoh agama kepada Habib Junaid Al Bukhari. Seraya membacakan doa supaya Pondok Qur’an ini segera terbangun dan memberi manfaat keberkahan bagi ummat.

Kemudian dilanjutkan dengan acara inti peletakan batu pertama Pondok Qur’an Al Barakah oleh Habib Junaid Al Bukhari, Tok Ya, Tokoh Agama dan perwakilan dua orang anak yatim. Allahu Akbar.

Alhamdulillah usai sudah acara Peletakan Batu Pertama Pondok Qur’an Al Barakah. Kami Baru Mulai. Allahu Akbar, Mohon doa semua perjalanan lancar. Amin.

RH Santri Munzalan Iqro 1

SesudahnyaFundraising Baitul Qur'an

Berita Lainnya

4 Komentar

Rudy Hartono, Minggu, 21 Nov 2021

Alhamdulillah wa syukurillah. Berkahi tempat ini ya Allah

Balas

    Yayasan Pondok Qur'an, Minggu, 21 Nov 2021

    Jazakumullah khairan

    Balas

Benyamin, Minggu, 21 Nov 2021

Alhamdulillah, semoga ini menjadi langkah awal hijrah total keluarga yang mendirikan pondok ini… Amin

Balas

YAYASAN AL BARAKAH, Minggu, 21 Nov 2021

Amin ya Allah, semoga bisa saling mengajak kebaikan ;

“Jika manusia mati, maka terputus amalnya kecuali tiga perkara: Sedekah jariyah, Ilmu yang diambil manfaatnya, Anak Shàlih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631)

Balas