SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Peletakan Batu Pertama Pondok Qur’an Al Barakah Pemangkat 19 November 2021
  • 2 tahun yang lalu / SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: AHU-0023237.AH.01.04. TAHUN 2021. Akta Yayasan Nomor  88/22.09.2021
WAKTU :

DEKLARASI PASKAS PEMANGKAT

Terbit 9 Desember 2021 | Oleh : Santri | Kategori : Fundraising
DEKLARASI PASKAS PEMANGKAT

Pemangkat Post – Beberapa hari lalu, tepatnya 6 Desember 2021 telah dilakukan Deklarasi  pembentukan PASKAS yang disaksikan oleh Branch Manager BMI Sambas, Ustad Luthfi. PASKAS Pemangkat diketuai oleh ENDAR. Pembentukan berjalan dengan lancar bertempat di Kantor Sekretariat Yayasan Al Barakah Pemangkat. Pertemuan ini dihadiri oleh Tim BMI Sambas, Tim PASKAS Pemangkat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Pondok Quran AL Barakah dan Rumah Tahfiz Pemangkat. 

Ustadz Luthfi menceritakan PASKAS itu berawal dari Masjid Kapal Munzalan, mempertemukan dua tokoh antara Tok Ya dan Tok Haji dengan slogan  Dari Munzalan menyapa Indonesia. Betapa visi dan misi itu begitu diawang-awang. Masjid kapal yang kecil berukuran 11 x 17 meter dalam gang mau menyapa Indonesia? Sungguh mimpi yang sangat ketinggian. Saking tingginya tak jarang mendapat cemoohan dan direndahkan. Namun, terlalu mudah bagi Allah. Yang penting hamba-NYA istiqomah dalam kesabaran.

Baitulmaal Munzalan mengelola keuangan ummat yang disalurkan di 20 cabang seluruh Indonesia. Sesuai akadnya maka Munzalan akan menyalurkan dana umat kepada santri yatim dan penghafal Alquran serta kaum dhuafa.  

Gerakan Infaq Beras Sambas menjelang 3 tahun. Dan PASKAS Sambas telah terbentuk. Namun, PASKAS untuk 18 kecamatan belum siap dideklarasikan walaupun sudah terbentuk. Hari ini berbahagia sekali dapat mendeklarasikan PASKAS Pemangkat, ungkap Ustadz Luthfi.

Pada kesempatan ini juga Ustadz Luthfi menjelaskan aoa itu PASKAS ?

PASKAS itu apa ? Kepanjangan dari Pasukan Amal Sholeh yang dibentuk oleh KH Luqmanulhakim.

Tugas PASKAS apa saja ? Mengantarkan beras dari orang baik kepada orang baik, mengajak orang berinfaq, Mikul beras untuk santri, anak yatim dan penghafal Al Quran.

Berapa gaji PASKAS ? Tidak bergaji alias free. Gerakan Infaq Beras benar-benar gerakan amal sholeh yang tanpa pamrih mengantarkan beras dan mengajak orang berbuat baik.

Apa tujuan PASKAS ? Melalui PASKAS kita ingin orang kembali ke masjid, kembangkan dakwah, dan menggerakan anak muda .

Nur Ikhlas menjelaskan Gerakan Infaq Beras dibentuk tahun 2019 dan kini sudah melakukan GIB seri 32 atau 32 bulan. Berawal membantu 3 pondok  Dan kini telah membantu  18 pondok dengan 1800 santri menyebar di Kabupaten Sambas.  Kebutuhan beras untuk santri penghafal Alquran adalah 13.000 Kg. Beras belum semua terpenuhi. Dari target 13.000 kg, hanya terpenuhi 5600 kg per bulan.  Mohon doanya semoga target kita tercapai dengan berhimpunnya orang-orang baik. Jika ada konten dari BMI Sambas mohon dishare di media social dan grup Whatsapp sebagai bentuk syiar dakwah kita sebagai anggota PASKAS. Kita tetap berpedoman pada SSK (Syiar Silaturahmi Kolaborasi), ucap Nur Ikhlas, anggota BMI Sambas.

Kenapa jadi PASKAS ?

1. Kita perlu dengan Allah

2. Jangan sampai kita dustakan anak yatim

3. Kita ingin satu surga dengan Rasulullah. 

Antum ingin jadi PASKAS ? Ada Enam pilar dakwah yang harus dilakukan santri atau PASKAS yaitu Birrul Walidain ( Berbakti kepada orang tua), Baca Alquran ( one day on page ), STW (Sholat Tepat Waktu), Inspiring (Infaq setiap hari kalau bisa sering-sering), Rezeki Halal ( sifat dan zat ) dan Bermuamalah ( tanpa riba dan akad bathil)       

Secara simbolis diserahkan Baju PASKAS untuk Ketua PASKAS Pemangkat, Endar dan 21 celengan rindu santri. Disela acara Pimpinan Pondok Quran, Rudi Hartono mewakafkan sejumlah buku untuk BMI Sambas yang diterima langsung oleh Pimpinan BMI Sambas, Ustad Luthfi.

Suasana sangat mencair dan semua saling tukar ilmu, sharing session diantara komunitas dakwah ini. Berharap pertemuan ini terus berlanjut dan saling melengkapi mengajak kebaikan dengan istiqomah, pungkas Ustadz Luthfi (RH)

SebelumnyaBAITULMAAL MUNZALAN SAMBAS SUPPORT ENTITAS DAKWAH SesudahnyaBELAJARLAH KE PONDOKTANI MUNZALAN

Berita Lainnya

0 Komentar